Banyak Orang Mengklaim Diri Mereka Dewasa Tapi Untuk Kendalikan Emosi Pun Tidak Bisa

Setujukah Kamu Dengan Opini White Lies Ataupun Dusta Putih?

Kadang lucu rasanya jika kita dihadapkan akan situasi dimana saat ada seseorang yang meminta kita untuk bersikap dewasa, dan dia sendiri tidak bersikap dewasa. Tapi merasa dirinya dewasa. Ini menurutku pribadi adalah hal lucu. Seperti orang mendemokan sesuatu, tapi dia sendiri tidak tahu apa yang dia demokan. Apa yang dia krikit dan dan menjadi keluh kesahnya. Ini merupakan sikap lucu bagiku sendiri. Karena orang dewasa sendiri, tidak akan mengklaim dirinya dewasa. Tidak ada. 

Banyak Orang Mengklaim Diri Mereka Dewasa Tapi Untuk Kendalikan Emosi Pun Tidak Bisa

Tidak ada orang dewasa yang akan datang dan mengatakan saya dewasa. Atau mengatakan kepada orang lain untuk menjadi dewasa, dan menunjukkan bahwa seakan dirinya itu dewasa. Itu menurutku sendiri adalah hal konyol. Orang dewasa tidak akan haus akan pengakuan bahwa dia dewasa. Orang yang dewasa mereka adalah orang yang cerdas dan bijaksana. Tahu kapan dia harus berbicara, tahu kapan dia harus bersikap seperti ini dan itu. Mereka tidak akan mengharapkan pengakuan dari orang lain. 

Tapi membiarkan orang lain yang akan menilainya sendiri. Orang dewasa tidak mau berdebat dengan orang yang jelas terlihat pemikirannya belum sampai di titik tertentu. Dia akan lebih memilih untuk menunjukkan tindakan, aksi, sehingga orang bisa melihat dan mengerti. Dibandingkan hanya berkata-kata yang dimana lawan bicaranya belum memiliki kapasitas yang diperlukan. Maka tidak akan selesai perdebatan. Orang dewasa, akan menghadapi masalah, dan menyelesaikan masalah. Bagaimanapun caranya. Dibanding untuk kabur, atau beralasan butuh healing. 

Orang dewasa itu harus bisa mengontrol dirinya, emosinya, dan pikirannya. Karena itu adalah point penting dalam hidup. Saat kita tidak bisa mengontrol diri ataupun emosi, maka kita akan kebablasan. Dan kita bisa melakukan berbagai perbuatan yang diluar pemikiran kita. Dan itu sangat berbahaya. Dan mengontrol emosi dan diri itu adalah salah satu tingkat tersulit dalam menjadi dewasa. Sehingga tidak sedikit orang yang gagal di fase ini. Karena memang sangat sulit mengontrol diri.