Banyak Orang Yang Menjadi Seenaknya Saat Kita Bersikap Baik

Banyak Orang Yang Menjadi Seenaknya Saat Kita Bersikap Baik

Tentu saja semua orang ingin diperlakukan baik, ingin direspon baik. Siapa sih yang ingin dikasarin. Siapa sih yang tidak ingin dihargai? Pasti semua ingin dihargai. Tapi ada beberapa alasan yang membuat orang kadang menjadi malas untuk bersikap baik atau menghargai orang lain. Bukan karena mereka tidak memiliki etika. Atau bukan karena mereka sombong dan tidak memiliki hati. Tapi kadang ada beberapa orang menjadi enggan untuk bersikap baik karena pengalaman mereka, saat mereka bersikap baik kepada orang, orang-orang tersebut malah menjadi tidak tahu diri.  

Banyak Orang Yang Menjadi Seenaknya Saat Kita Bersikap Baik

Orang-orang tersebut malah menjadi tidak tahu diri dan melakukan suka-suka hati mereka. Dan itulah yang membuat orang-orang ini menjadi malas untuk terus bersikap baik pada orang lain. Dan kalian mungkin pernah mengalaminya, atau memiliki pemikiran yang serupa. Dimana kalian sudah tahu, harusnya bersikap baik. Dan tahu bagaimana untuk bersikap baik. Tapi kalian teringat akan momen dimana kalian sudah bersikap baik kepada orang, tapi mereka malah menjadi seenaknya pada kita. Sehingga kita berubah pikiran. 

Dan akhirnya kita bersikap datar, atau bahkan cenderung bersikap acuh tak acuh. Ada perasaan trauma di balik sikap acuh seseorang. Memprihatinkan memang. Tapi bukan berarti sikap seperti itu dibenarkan. Memang pasti akan sedih dan kecewa saat kita sudah bersikap baik, tapi orang yang menerima perlakuan baik kita malah menjadi melonjak dan tidak tahu diri. Ini yang bahaya. Tapi bukan berarti itu membuat kita menjadi tidak akan bersikap baik lagi di kemudian hari. Tidak semua orang seperti itu. Meskipun memang sebagian besar orang-orang bersikap seperti itu. 

Tapi ingatlah tidak semua orang begitu. Dan jangan menjadikan pengalaman buruk kalian, membuat kalian berhenti bersikap baik dan hormat kepada orang lain. Jadikan itu sebagai pembelajaran. Dan kalian perlu mengajarkan pada diri anda sendiri juga untuk saat bersikap baik kepada orang lain, sebaiknya kita tidak menaruh ekspektasi. Sehingga saat terjadi hal yang tidak diinginkan, kita tidak akan merasa begitu sakit hati atau kecewa. Karena kalian memang tidak berharap apa-apa.