Cegah Diabetes, Cara Mengurangi Mengkonsumsi Gula Berlebih

Makanan yang masuk ketubuh kita pastinya mengandung gula, meskipun dalam bentuk sukrosa, glukosa, ataupun fruktosa, dan jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan akan meningkatkan resiko diabetes dan juga kenaikan berat badan.

Cara untuk mengecek gula darah biasanya dengan melakukan cek darah, tapi ada juga beberapa tanda bahwa anda sedang kelebihan gula seperti

  • Tidak bersemangat atau benenergi
  • Terasa kembung
  • Bertambahnya berat badan
  • Sulit untuk tidur
  • Sering merasakan lapar
  • Dan juga nyeri pada bagian sendi

Sejujurnya anda dapat mengontrol asupan gula darah pada tubuh anda sebelum merasakan gejala gejala seperti diatas, seperti cara untuk mengurangi kadar gula yang akan kita bahas sekarang:

1.Penuhi Kebutuhan Air

70 persen bagian dari tubuh kita adalah air, maka dari itu salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh anda, tubuh setidaknya membutuhkan 2 liter air dalam sehari atau 8 gelas.

Dengan memenuhi kebutuhan air pada tubuh dapat membuat ginjal bekerja lebih maksimal untuk mengeliminasi kelebihan zat dalam tubuh termasuk kadar gula.

2.Meminum Air Lemon

Jika anda tidak terbiasa dengan rasa yang hambar pada air putih, anda dapat meminum air dengan perasan lemon, cobalah membuat infused water dengan mencampurkan air dengan irisan lemon yang mampu menurunkan indeks glikemik dalam makanan yang anda makan.

Dengan meminum air lemon anda bisa menghambat proses konversi dari pati menjadi gula, maka dari itu gula darah pada tubuh anda tidak mudah meningkat.

3.Mengkonsumsi Makanan Berserat

Makanan yang mengandung banyak serat banyak dijumpai pada sayuran hijau seperti buncis, bayam , brokoli, dan masih banyak lagi, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat guna untuk menghambat proses pencernaan gula agar kadar gula dalam darah tidak cepat naik.

4.Pastikan Anda Cukup Tidur

Tidur juga merupakan kegiatan yang dapat menurunkan kadar gula pada tubuh, karena dengan tidur dapat menurunkan tekanan gula darah dan menjaga berat badan lebih ideal.

5.Rutin Berolahraga

Kemudian dengan berolahraga rutin anda dalam membakar zat zat yang tidak dibutuhkan dalam tubuh seperti zat gula yang berlebih, cobalah untuk melakukan olahraga seperti jogging, jalan santai dan kardio lainnya.