Biasakan Mendisiplinkan Diri Kalian Agar Kalian Bisa Mendapatkan Kualitas Hidup Lebih Baik

Biasakan Mendisiplinkan Diri Kalian Agar Kalian Bisa Mendapatkan Kualitas Hidup Lebih Baik

Orang-orang banyak berpendapat bahwa mengikuti aturan itu hanya saat di luar rumah. Misalnya di sekolah, saat berkendara. Mengikuti aturan lalu lintas, dan sebagainya. Tapi selebihnya, misalnya sudah di dalam rumah, sudah di dalam kamar. Dan kalian tidak memiliki aturan. Bukan seperti itu. Meskipun di rumah tidak ada aturan yang tertulis, seperti kalau di sekolah, atau aturan lalu lintas. Yang sudah jelas. Tapi tetap dimanapun kalian berada ada aturan di setiap tempat. Lebih ke kesadaran diri. Ini sangat penting untuk diterapkan.   

Biasakan Mendisiplinkan Diri Kalian Agar Kalian Bisa Mendapatkan Kualitas Hidup Lebih Baik

Ada beberapa orang yang dari kecil diajarkan oleh orang tuanya untuk bisa hidup disiplin. Diajarkan meskipun di rumah atau di luar harus tahu aturan. Harus bisa kontrol diri, harus bisa menjaga diri. Tahu tata krama, etika, apalagi di tempat orang. Harus jaga sikap. Semua orang tua pasti akan mengajarkan seperti itu kepada anaknya. Sehingga untuk hidup beraturan tidak hanya nanti di sekolah atau di tempat-tempat tertentu. Tapi dimanapun kita berada itu selalu ada aturannya. Jadi kita harus bisa mendisiplinkan diri kita. 

Jangan menunggu harus ada aturan tertulis dulu baru kita akan bersikap baik, dan mengikuti aturan. Dan di beberapa tempat yang tidak aturan, kalian pun akan bersikap seperti orang yang tidak beraturan dong? Tidak seperti itu kan. Pasti kita akan bersikap tetap sopan, jaga tata krama, etika ditunjukkan. Banyak orang yang setelah selesai dari sekolah, saat semakin dewasa, malah semakin tidak beraturan. Karena merasa sudah bebas dari aturan, jadi sudah bisa berbuat sesuka-suka dia. Pemahaman seperti ini yang salah. 

Malah semakin dewasa, harusnya berpikir semakin bisa kontrol diri. Memiliki kontrol diri semakin baik. Jadi tanpa harus diberikan aturan dari a-z, kita secara sadar sudah mendisiplinkan diri kita sendiri. Seperti, mau ada kerjaan atau tidak ada kerjaan besoknya, tetap bangun pagi. Itu mendisiplinkan diri. Sehingga kita akan terbiasa dengan itu. Mulai mengatur jadwal kita, pola hidup, pola tidur, harus dijaga. Itu adalah salah satu bentuk mendisiplinkan diri. Dan itu sering kita bablas. Makanya, mulailah untuk coba tegas dan disiplin pada diri sendiri.