Bakat Atau Talenta Tidak Hanya Bisa Didapatkan Dari Lahir Tapi Bisa Juga Dibentuk Secara Otodidak

Bakat Atau Talenta Tidak Hanya Bisa Didapatkan Dari Lahir Tapi Bisa Juga Dibentuk Secara Otodidak

Kata siapa talenta itu hanya di dapat dari lahir, alias itu sudah bawaan dari lahir? talenta , bakat, kemampuan itu tidak hanya datang dari bawaan lahir loh. Tapi juga bisa dibentuk. Seperti kata mba Berta pelatih vokal terkenal di Indonesia. Dia pernah mengatakan, semua orang itu bisa menyanyi dengan bagus. Tidak ada yang terkecuali. Perbedaannya hanya di jam terbang. Kalau orang sudah ada bakat dari lahir memiliki suara yang bagus, tapi tidak pernah dilatih dan di asa, akan kalah dengan orang yang tidak memiliki bakat dari lahir, tapi mau belajar dan berlatih terus menerus.  

Bakat Atau Talenta Tidak Hanya Bisa Didapatkan Dari Lahir Tapi Bisa Juga Dibentuk Secara Otodidak

Mungkin ini bisa menjadi kabar baik untuk kalian semua. Jadi jangan bersedih bagi kalian yang tidak memiliki beberapa talenta atau bakat yang kalian inginkan. Dan kadang merasa sangat iri saat melihat orang lain memiliki beberapa talenta tertentu yang kalian suka dan mereka sudah jago dari lahir. Sehingga rasanya wah mereka sangat pro, sehingga kalian tidak bisa menjadi seperti mereka. Itu salah, itu hanya pikiran kalian. Karena bakat apapun bisa kalian miliki bahkan menjadi ahli di bidang itu jika kalian terus belajar dan latihan. 

Jangan bersedih atau menyerah, ada banyak jalan menuju roma. Apalagi sekarang ini kita sudah berada di masa yang semua bisa kita dapatkan di internet. Dan semua lebih mudah untuk di akses. Dan banyak sekali orang-orang yang memberikan tutorial dalam melakukan sesuatu. Banyak yang memberikan tutorial baik lewat tulisan berupa blog, atau foto per bagian, atau video. Ada yang memberikannya secara gratis, ada juga yang kalian bisa mengikuti kursusnya. Ada yang membuka harga. 

Jadi kalian bisa lebih mudah belajar, dan lebih banyak akses yang bisa kalian dapatkan. Jadi jangan berkecil hati. Jadi kalian bisa belajar apapun yang kalian mau. Dari berbagai sumber, dan dari berbagai media. Asalkan kalian memiliki niat dan kemauan yang besar, dan jangan hanya bermimpi, tapi juga usaha. Sehingga semua bisa terwujud. Dan jangan lupa dengan imbangi juga dengan doa. Walaupun semua tidak instant, membutuhkan proses, tapi kalau kalian sabar, dan konsisten, semua bisa terwujud.